Meningkatkan Kemampuan Membuat Bunga Akrilik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Penelitian Tindakan Kelas Di SLB Peduli Anak Nagari)

Main Article Content

Maria Elfina
Asep Ahmad Sopandi

Abstract

Penelitian ini peneliti lakukan berdasarkan latarbelakang permasalahan yang ditemui di Sekolah Luar Biasa (SLB) Peduli Anak Nagari pada anak tunagrahita ringan kelas VIII. Di kelas keterampilan terdapat empat orang siswa yang mengalami masalah dalam membuat bunga akrilik. berdasarkan asesmen yang dilakukan menunjukkan bahwa anak masih belum terampil dalam pembuatan bunga akrilik. Model  pembelajaran yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklusnya dilaksanakan dalam empat kali pertemuan tatap muka. Pada setiap akhir pertemuan dilaksanakan evaluasi. Model pembelajaran ini diterapkan dengan bermitra bersama guru yang mengajar di kelas VIII. Peneliti dalam penelitian ini sebagai pengamat sedangkan guru kelas berperan dalam memberi tindakan. Tahapan-tahapan dalam setiap siklus yaitu meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan tindakan yang diberikan dan hasil analisis data menunjukkan peningkatan kemampuan dan keterampilan anak dalam membuat bunga akrilik secara signifikan, hal ini dapat dilihat dari hasil kerja kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan tes kemampuan awal (asesmen) siswa JC 61%, YR 78%, H 45%, RN 50%. Pada pelaksanaan siklus I kemampuan siswa JC 78%, YR 89%, H 67%, dan RN 72%. Kemudian pada siklus II kemampuan siswa JC 94%, YR 100%, H 83%, dan RN 89%. Dengan demikian peneliti menarik kesimpulan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif ini diharapkan dapat untuk meningkatkan keterampilan anak tunagrahita  ringan pada kelas VIII di SLB Peduli Anak Nagari dalam membuat bunga akrilik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Elfina, M. and Sopandi, A. A. (2020) “Meningkatkan Kemampuan Membuat Bunga Akrilik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Penelitian Tindakan Kelas Di SLB Peduli Anak Nagari)”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 345-353. Available at: https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/283 (Accessed: 7April2020).
Section
Education

References

Aprilia, Ade dan Ariestuti. (2014). Aneka Kreasi Bunga dari Manik-Manik Akrilik. Jakarta: PT. Gramedia.
Aqib, Zainal. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yeama Widya
Arikunto, Suharsimi (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT: Rineke Cipta
Asrori, Mohammad. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima
Huda, Miftahul. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Istarani. (2012). 58 Model pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
Jasni (2013) Keterampilan Membuat Kerupuk Opak bagi Anak Tunagrahita Sedang melalui Pendekatan Kooperatif Tipe STAD. (Skripsi diterbitkan) Padang:Fakultas Ilmu Pendidikan.
Kemis (2013). Pendidikan anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Bandung : luxima metro media.
Kemis & Ati Rosnawati. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Bandung: Luxima Metro Media.
Marlina. (2009). Asesmen Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Padang:UNP Press
Nandayani, S. (2012). Kreasi Cantik Manik Akrilik. Jakarta: Kanaya Press
Pratiwi, Ratih Putri & Afin Murtiningsih. 2013. Kiat Sukses Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Ramadhan ,M. (2012) . Ayo belajar mandiri pendidikan keterampilan dan kecakapan hidup untuk anak berkebutuhan khusus. Jogjakarta: Juvalitera.
Sudarto. (2016). Keterampilan dan nilai sebagai materi pendidikan dalam perspetif islam. Jurnal Al-Lubab (Nomor 1 Tahun 30), 107-108.
Sumekar, Ganda. 2009. Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press
Wantah, Maria J. (2007). Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Mampu Latih. Jakarta: Depdiknas.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'