PELAKSANAAN PROGRAM PENINGKATAN PERANAN WANITA MENUJU KELUARGA SEHAT SEJAHTERA (P2WKSS) DI KELURAHAN KURAO PAGANG KOTA PADANG

Main Article Content

Asdaliani Asdaliani
Nora Eka Putri

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang yang bertujuan untuk mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dan khususnya di RW 08 Kelurahan Kurao Pagang. Selanjutnya pemilihan informan penelitian dilakukan dengan teknik sampling insidental dan sampling purposive. Berdasarkan teknik sampling insidental yaitu beberapa warga binaan yang terdapat pada 75 KK yang peneliti temui secara kebetulan ada di lapangan penelitian, sedangkan pada sampling purposive yaitu pada pemerintah yang memiliki wewenang dan tanggung jawab pada pelaksanaan Program P2WKSS. Data yang dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Temuan penelitian yang peneliti dapat di lapangan tentang Program P2WKSS yaitu tentang pelaksanaan Program P2WKSS. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa Program P2WKSS di Kelurahan Kurao Pagang sudah membawa perbaikan bagi daerah namun belum membawa peningkatan pendapatan warga binaan sebagaimana tujuannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Asdaliani, A. and Putri, N. E. (2019) “PELAKSANAAN PROGRAM PENINGKATAN PERANAN WANITA MENUJU KELUARGA SEHAT SEJAHTERA (P2WKSS) DI KELURAHAN KURAO PAGANG KOTA PADANG”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(3), pp. 559-565. Available at: https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/91 (Accessed: 1April2020).
Section
Sosial Sciences