Mengenal Lisensi Creative Commons Pada Jurnal

Lisensi creative commons adalah lisensi yang dirancang agar pencipta dengan fleksibel dan mudah untuk meningkatkan aksesibilitas dan penggunaan karya-karya ilmiah mereka (Charbonneau, 2010:4). Creative commons percaya bahwa pengetahuan itu layak untuk disebarluaskan secara bebas kepada setiap orang. Selain itu, Lisensi creative commons menjamin sang penulis mendapatkan kredit (pengakuan) atas materi atau karya yang telah diciptakannya, namun tidak membuat penulis tersebut melewati proses hukum untuk menggunakannya (Gregory, 2011:144). Berdasarkan situs resmi creative commons yang beralamat “creativecommons.org”, terdapat beberapa contoh pengguna lisensi creative commons seperti Europe’s digital library, Drupal, Public Library of Sciences (PLOS) Cyberleninka, dan lain sebagainya. Beberapa contoh tersebut telah menyadari bahwa pentingnya penggunaan lisensi creative commons untuk  menyampaikan bagaimana seharusnya pengetahuan itu dipergunakan oleh pengguna agar pengguna memperoleh kejelasan bagaimana mereka dapat menggunakan artikel atau informasi pengetahuan tersebut.

Creative Commons adalah suatu organisasi nirlaba yang memfokuskan diri untuk memperluas cakupan karya kreatif yang tersedia untuk orang lain secara legal agar dapat digunakan kembali dan dibagi secara luas. Organisasi ini telah menerbitkan beberapa lisensi hak cipta yang dikenal dengan lisensi Creative Commons (rujukan: Wikipedia.com)

Creative commons memiliki tipe atau jenis  lisensi yang dapat digunakan. Menurut Gregory (2011:144) menyebutkan lisensi creative commons memiliki empat tipe yaitu:

Attribution atau atribusi (BY)

Yaitu atribusi untuk pencipta atau pembuat aslinya, serta memperbolehkan orang lain untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, atau membuat ciptaan turunan dari karya tersebut, hanya dengan memberi kredit terhadap karyanya.

Share alike (SA)

Tipe ini memperbolehkan orang lain untuk mendistribusikan ciptaan turunan di bawah lisensi asli.

Noncommercial atau non komersial/tidak diperjual belikan (NC)

Tipe ini memperbolehkan orang lain untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, asalkan tidak untuk penggunaan komersial.

No derivative works

Tipe ini memperbolehkan orang lain untuk menyalin, mendistribusikan tapi hanya salinannya saja, tidak dapat diubah.

Tipe lisensi creative commons di atas dapat diterapkan dalam berbagai kombinasi sesuai dengan kehendak pengelola, seperti berikut:

Lisensi creative commons Atribusi CC BY

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk mengubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada anda atas ciptaan asli. Lisensi ini adalah lisensi yang paling bebas dan direkomendasikan untuk penyebarluasan secara maksimal dan pengunaan materi berlisensi.

Atribusi – Berbagi Serupa (CC BY-SA)

            Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk mengubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada anda dan melisensikan ciptaan turunan dibawah syarat yang serupa.

Atribusi – Tanpa Turunan (CC BY-ND)

Lisensi ini mengizinkan penyebarluasan ulang, baik untuk kepentingan komersial maupun nonkomersial, selama bentuk ciptaan tidak diubah dan utuh, dengan pemberian kredit kepada pencipta.

Atribusi – Non Komersial (CC BY-NC)

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, dan walau mereka harus mencantumkan kredit kepada Anda dan tidak dapat memperoleh keuntungan komersial, mereka tidak harus melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang sama dengan ciptaan asli.

Atribusi – Non Komersial – Berbagi Serupa (CC BY-NC-SA)

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda dan melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang serupa dengan ciptaan asli.

Atribusi – Non Komersial – Tanpa Turunan (CC BY-NC-ND)

Lisensi ini adalah lisensi yang paling ketat dari enam lisensi utama, hanya mengizinkan orang lain untuk mengunduh ciptaan Anda dan membaginya dengan orang lain selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda, tetapi mereka tidak dapat mengubahnya dengan cara apapun atau menggunakannya untuk kepentingan komersial.

rujukan : https://www.neliti.com/id/publications/209114/pengetahuan-konsep-lisensi-creative-commons-dan-open-access-di-kalangan-pengelol