Pengertian Metode Penelitian Kombinasi Menurut Ahli

Metode Penelitian Kombinasi Menurut Creswell (2009), metode penelitian kombinasi merupakan pendekatan dalam penelitian yang mengkombinasikan atau menghubungkan antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Hal itu mencakup landasan filosofis, penggunaan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dan mengkombinasikan kedua pendekatan dalam penelitian.

Creswell selanjutnya juga menjelaskan bahwa metode penelitian kombinasi disebut juga sebagai metode multimethods (multi metode), convergence (dua metode bermuara ke satu), integrated (integrasi dua metode), dan combine (kombinasi dua metode).

Berikutnya, Johnson dan Cristensen (2007) memberikan definisi bahwa penelitian kombinasi adalah penelitian yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian campuran, biasa dinamakan metode penelitian campuran. Agar lebih sedrhana di sebut penelitian campuran atau kombinasi.

Metode penelitian kombinasi adalah suatu metode penelitian yang mengkombinasikan atau menggabungkan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif untuk digunakan secara bersama-sama dalam suatu kegiatan penelitian, sehingga didapatkan data yang lebih komprehensif, valid, reliabel, dan obyektif.

Data yang komprehensif adalah data yang lengkap yang merupakan kombinasi antara data kuantitatif dan kualitatif. Data yang valid adalah data yang memiliki derajat ketepatan yang tinggi antara data yang sesungguhnya terjadi dengan data yang dilaporkan peneliti. Melalui metode kombinasi, maka data yang diperoleh dari penelitian akan valid, sebab data yang kebenarannya tidak dapat divalidasi dengan metode kuantitatif akan divalidasi dengan metode kualitatif atau sebaliknya.

Data yang reliabel adalah data yang konsisten dari waktu ke waktu dan dari orang ke orang. Dengan metode kombinasi, realibilitas data akan dapat ditingkatkan, karena reliabilitasdata yang tidak dapat diuji dengan metode kuantitatif dapat diuji dengan metode kualitatif atau sebaliknya. Sedangkan data yang obyektif adalah data yang disepakati oleh banyak orang. Melalui metode kombinasi, maka data yang diperoleh dengan metode kualitatid yang bersifat subyektif dapat ditingkatkan obyektifitasnya pada sampel yang lebih luas dengan metode kuantitatif.

Kapan Metode Penelitian Kombinasi Digunakan?

Pada dasarnya metode penelitian kombinasi digunakan apabila peneliti ingin memperoleh data dan informasi yang lebih lengkap, valid, reliabel, dan obyektif. Melalui metode penelitian kombinasi maka kelemahan-kelemahan yang ada dalam metode kuantitatif maupun kualitatif dapat dieliminir. Secara spesifik metode kombinasi digunakan apabila:

  1. Peneliti ingin melengkapi hasil penelitian kuantitatif yang diperkaya dengan data-data yang bersifat kualitatif yang tidak bisa digali dengan metode kuantitatif.
  2. Peneliti ingin hasil penelitian kualitatif dapat diberlakukan pada populasi yang lebih luas (menguji hipotesis hasil penelitian kualitatif).
  3. Peneliti ingin mendapatkan data yang lebih komprehensif yang dapat dicari dengan metode kuantitatif dan metode kualitatif dalam waktu yang sama.
  4. Peneliti ingin melakuukan penelitian yang bersifat proses dengan metode kualitatif dan meneliti produk dengan metode kuantitatif
  5. Peneliti ingin melakukanpenelitiantindakan (action research), untuk menemukan tindakan yang teruji secara efektif. Pada tahap enemukan masalah atau penyakt dan hipotesis tindakan digunakan metode kualitatif. Pada saat melakukan pengujian digunakan metode kuantitatif dan kualitatif secara bersama0sama. Dalam hal ini digunakan model sequential explanatory.
  6. Peneliti ingin melakukan penelitian untuk menghasilkan produk yang teruji dengan metode R & D (Research and Development). Pada tahap analisis kebutuhan dan membuat rancangan dapat menggunakan metode kualitatif, membuat rancangan dapat menggunakan metode kualitatif, dan pada saat menguji rancangan produk pada sampel yang semakin luas dapat menggunakan metode kuantitatif/eksperimen.

Langkah-Langkah Penelitian Kombinasi Dalam Desain Sequential Explanatory

metode peneltitian kombinasi

Langkah-langkah penelitian kombinasi sesuai karakteristik desain Squential Explanatory (urutan pembuktian), dimana pada tahap pertama penelitian menggunakan metode kuantitatif dan pada tahap ke-dua menggunakan metode kualitatif. Dengan demikian penelitian kombinasi dilakukan untuk menjawab rumusan masalah penelitian kuantitatif dan rumusan masalah kualitatif, atau rumusan masalah yang berbeda tetapi saling melengkapi.

Semoga Bermanfaat! Jangan Lupa Share!! Salam!