Ranah Research : Journal of multidicsiplinary research and development

Terbitkan hasil penelitian kamu bersama kami, jurnal ranah research sudah terindeks dan konsisten dalam mempublikasikan hasil penelitian mahasiswa, guru, serta dosen-dosen se Indonesia. Dengan sistem Fast Review, artikel yang kamu kirimkan akan segera diterbitkan. Tunggu apalagi Submit Sekarang !!!

Submit Sekarang

Pengertian Review Jurnal dan Cara Melakukannya

0

Pandemi Covid-19 membuat beberapa kampus mengeluarkan kebijakan penggantian penelitian yang megharuskan terjun ke lapangan dengan penelitian dengan metode studi literatur atau review jurnal. Bagi mahasiswa S2 dan S3 rasanya kegiatan review jurnal terdengar tidak asing, namun bagi beberapa mahasiswa S1 kegiatan review jurnal masih terasa asing. Terlebih memang tidak semua kampus atau dosen memberikan tugas dalam bentuk review jurnal kepada mahasiswa S1. Pada beberapa mahasiswa khususnya mahasiswa S1 masih bingung atau bahkan tidak mengerti mengenai konsep dan cara melakukan review jurnal. Pengertian review jurnal sendiri secara umum merupakan kegiatan memberi ulasan terhadap sebuah artikel jurnal, merangkum dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan artikel tersebut.

Agar lebih jelas pada artikel kali ini akan dijelaskan secara ringkas mengenai pengertian review jurnal dan bagaimana cara melakukannya.

Pengertian Review Jurnal

Review dalam bahasa indonesia berarti tinjauan atau meninjau. Review juga dapat berarti ulasan atau mengulas. Kegiatan review jurnal dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan menulis untuk memberikan ulasan/tinjauan pada sebuah artikel jurnal agar diketahui kelebihan, kekurangan, dan kualitasnya. Secara umum, review jurnal bertujuan untuk memberikan informasi, gambaran, ide/gagasan tentang artikel jurnal yang telah dibuat.

Writting Bee menjelaskan bahwa, review artikel merupakan teks yang memuat ringkasan penelitian tentang topik tertentu. Dapat juga diartikan sebagai rangkuman sekaliguas evaluasi dari tulisan orang lain. Kegiatan review jurnal bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai topik tertentu. Dengan adanya review dari sebuah artikel diharapkan pembaca dapat terbantu dalam memahami topik tanpa membaca seluruh isi buku.

Evaluasi logis dari tema utama, argumen pendukung dan implikasinya terhadap dokumen asli adalah isi dari sebuah review. Artikel hasil kegiatan review, tidak menyediakan penelitian baru sebab review artikel merupakan rangkuman dari dokumen asli. Namun, sebagai seorang yang me-review, kamu harus mempunyai cara untuk menanggapi penelitian yang ditinjau/diulas. Dalam kegiatan me-review, kamu akan mengevaluasi artikel lalu mengembangkan respon terhadap teori dan ide/gagasan yang digunakan dalam artikel tersebut.

The Australian International University menyebut ulasan sebuah artikel dapat terbantu dengan mengajukan beberapa pertanyaan, yaitu:

  1. Tujuan: Apa yang dilakukan dalam artikel ini?
  2. Teori: Apakah ada kerangka teori eksplisit? Jika tidak, adakah asumsi teoretis yang penting?
  3. Konsep: Apa konsep sentralnya? Apakah konsep tersebut didefinisikan dengan jelas?
  4. Argumen: Apa argumen utamanya? Apakah ada hipotesis khusus?
  5. Metode: Metode apa yang digunakan untuk menguji hipotesis tersebut?
  6. Bukti: Apakah buktinya disediakan? Seberapa memadai bukti itu?
  7. Nilai: Apakah posisi nilai jelas atau tersirat?
  8. Sastra: Bagaimana karya ini cocok dengan literatur yang lebih luas?
  9. Kontribusi: Seberapa baik penelitian memajukan pengetahuan kita tentang subjek?
  10. Gaya: Seberapa jelas bahasa/gaya/ekspresi penulis?
  11. Kesimpulan: Penilaian keseluruhan secara singkat

Cara Melakukan Review Jurnal

Untuk memulai kegiatan review jurnal, bacalah secara sekilas artikel yang akan diulas. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui organisasi sebuah artikel, baca beberapa kali lalu buatlah semacam catatan atau komentar sepanjang proses pembacaan. Lebih lanjut, ada beberapa langkah yang dapat diterapkan dalam mereview sebua artikel jurnal, yaitu:

1. Membaca Naskah Secara Aktif

Beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam membaca naskah, Pertama, Jika artikel hasil review yang kamu lakukan akan diterbitkan di sebuah jurnal, pahami panduan gaya publikasinya, periksa format dan pedoman gaya jurnal yang dituju tersebut. Hal ini akan membantu kamu terkait bagaimana mengevaluasi dan menyusun ulasan.

Kedua, membaca artikel untuk mengetahui organisasinya, lihatlah artikel jurnal yang akan direview dan ciba pahami logikanya. Bacalah judul, abstrak, dan heading, untuk mengetahui bagaimana susunan artikel. Lakukan skimming awal, untuk mengidentifikasi pertanyaan atau permasalahan yang dibahas di dalam artikel.

Ketiga, setelah selesai membaca sekilas, bacalah artikel secara keseluruhan untuk membangun kesan keseluruhan, identifikasi tesis artikel, argumen utama, dan garis bawahi di posisi yang dinyatakan dalam pendahuluan dan kesimpulan.

Keempat, teliti kembali bagian artikel bagian demi bagian. Gunakan margin tepi naskah untuk menulis catatan dan komentar.  Ketika proses membaca secara mendalam, analisis seberapa baik artikel tersebut menyelesaikan masalah utamanya. Jika perlu, tanyakan kepada diri kamu sendiri mengenai isi artikel, misalnya “apakah penelitian ini penting? Apakah penelitian ini memberikan konstribusi pada bidang yang diteliti?”. Di tahap ini, berikan catatan terkait setiap inkonsistensi terminologis, masalah organisasi, saltik, dan masalah format.

2. Mengevaluasi Artikel

Kiat mengevaluasi artikel yang pertama adalah putuskan seberapa baik abstrak dan pengantar memetakan artikel. Tentukan seberapa baik abstrak merangkum artikel, maslaah yang dibahas, teknik, hasil dan signifikansinya, pastikan pendahuluan memetakan struktur artuikel, apakah artikel itu menggunakan dasar yang jelas atau tidak. pendahuluan yang baik memberikan kamu  gagasan yang jelas mengenai apa yang diharapkan  di bagian selanjutnya. Bisa jadi menyatakan masalah dan hipotesis, jelaskan metode penelitian secara singkat, lalu tentukan apakah percobaan membuktikan atau membantah hipotesis penelitian.

Kedua, evaluasi referensi/tinjauan pustaka yang digunakan di dalam artikel. Pastikan sumber rujukan yang digunakan berwibawa, seberapa baiik tinjauan pustaka meringkas sumber, dan apakah sumber menempatkan artikel di bidang penelitian atau hanya menyebutkan nama-nama terkenal.

Ketiga, periksa metode yang digunakan. Pastikan metode yang digunakan merupakan metode yang tepat dan masuk akal untuk menyelesaikan masalah. Bandingkan dengan cara lain yang mungkin dapat digunakan untuk melakukan percobaan atau menyusun penyelidikan, catat setiap perbaikan yang dilakukan penulis.

Keempat, menilai bagaimana artikel menyajikan data dan hasil. Tentukan apakah tabel, gambar, diagram, dan alat bantu visual lainnya secara efektif mengatur informasi. Pastikan bagian hasil dan diskusi data dengan jelas merangkum dan menginterpretasikan data. Pastikan tabel dan gambar yang dicantumkan sesuai dan tidak berlebihan.

Kelima, mengevaluasi bukti dan analisis non-ilmiah. Khusus untuk artikel non-ilmiah, tentukan seberapa baik artikel menyajikan bukti yang mendukung argumennya. Pastikan bukti yang digunakan relevan dan secara meyakinkkan menganalisis dan menafsirkan bukti.

Keenam, nilai gaya tulisan. Gaya penulisan artikel haruslah singkat, padat, dan benar. Tanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut sebagai upaya mengevaluasi gaya penulisan kamu.

  • Apakah bahasanya jelas dan tidak ambigu, atau apakah jargon yang berlebihan mengganggu kemampuannya untuk membuat argumen?
  • Apakah ada tulisan yang terlalu bertele-tele? Bisakah ada ide yang dinyatakan dengan cara yang lebih sederhana?
  • Apakah tata bahasa, tanda baca, dan terminologi yang digunakan sudah benar?

3. Menulis Ulasan

Tulisalah ulasan kamu dengan tahapan berikut:

Pertama, garis besar ulasan kamu. Ambil kembali catatan dalam evaluasi bagian demi bagian. Buatlah semacam tesis, lau uraikan bagaimana kamu bemaksud mendukung tesis dalam tubuh ulasan kamu. Ungkapkan contoh spesifik yang merujuk pada kekuatan dan kelemahan yang ada dalam catatan evaluasi kamu. Tesis dan bukti haruslah konstruktif dan bijaksana. Tunjukkan kekuatan maupun kelemaha, dan usulkan solusi alternatif lain alih-alih hanya berfokus pada kelemahan.

Kedua, tuis draft pertama ulasan kamu. Setelah melakukan tahap pertama selanjutnya tulis ulasan kamu. Tulislah ulasan berdasarkan pedoman publikasi kamu, jika belum ada biasanya bisa ditulis dengan mengikuti panduan umum: pendahuluan merangkum artikel dan menyatakan tesis, bandan memberikan contoh spesifik dari teks yang mendukung tesis kamu, dan kesimpulan yang merangkum ulasan kamu dengan menyatakan kembali tesis dan menawarkan saran untuk penelitian selanjutnya.

Ketiga, perbaiki draft ulasan kamu sebelum mengirimkannya. Sebelum mengirimkan naskah ulasan periksa kembali naskah ulasan artikel kamu. Pastikan tidak ada kesalahan pengetikan, tata bahasa, dan tanda baca. Baca kembali ulasan kamu dan posisikan kamu sebagai orang lain yang sedang membaca. Nilailah sendiri, naskah ulasan kamu, apakan kritiknya adil dan seimbang? Pastikan tulisanmu logis, ringkas, dan jelas. Hindari penulisan yang bertele—tele, jika perlu minta teman untuk membaca naskah ulasan artikel kamu dan memberi penilaian.

Sekian artikel mengenai pengertian review jurnal dan cara melakukannya. Artikel ini merangkum dari beberapa sumber, baik internet maupun buku. Semoga dapat menambah wawasan dan manfaat! Nuhun!

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.