Ranah Research : Journal of multidicsiplinary research and development

Terbitkan hasil penelitian kamu bersama kami, jurnal ranah research sudah terindeks dan konsisten dalam mempublikasikan hasil penelitian mahasiswa, guru, serta dosen-dosen se Indonesia. Dengan sistem Fast Review, artikel yang kamu kirimkan akan segera diterbitkan. Tunggu apalagi Submit Sekarang !!!

Submit Sekarang

5 Situs Sumber Referensi Ilmiah Gratis

0

Sebuah karya tulis ilmiah diisyaratkan memiliki sumber referensi ilmiah yang jelas. Hal ini dimaksudkan agar karya ilmiah yang ditulis kredibel, meyakinkan dan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya.

Sumber referensi ilmiah dapat bersumber dari berbagai buku cetak atupun sumber lain. Namun, di era digital seperti ini sumber referensi ilmiah tidak hanya tersedia dalam bentuk fisik tapi juga sudah banyak tersedia secara digital dimana untuk mengaksesnya cukup memerlukan jaringan internet.

Meski begitu, sumber referensi ilmiah yang tersedia secara online tidak semuanya gratis, beberapa situs sumber referensi ilmiah ada yang premium/berbayar. Biasanya sumber referensi ilmiah yang berbayar ini adalah jurnal internasional. Untuk sumber referensi ilmiah yang gratis kita dapat mengakses langsung ke situsnya, biasanya kita hanya perlu membuat akun member untuk dapat mengakses berbagai artikel maupun jurnal didalamnya. Lantas apa saja situs sumber referensi ilmiah online yang dimaksud? Berikut kami jabarkan 5 diantaranya.

Google Scholar

sumber referensi ilmiah

Google Scholar atau dalam bahasa indonesia Google Cendikia merupakan layanan yang memberikan kemudahan bagi para cendikia untuk mencari sumber referensi secara luas. Pengguna dapat menelusuri dan mencari makalah, artikel, tesis, buku, abstrak, pusat data, dan sebagainya  di seluruh disiplin ilmu melalui satu pintu.

Google scholar membantu pengguna untuk mencari atupun menelusuri penelitian paling relevan dari seluruh penelitian akademis. Google scholar menyusun artikel penelitian dengan detail setiap artikel, mulai dari penulis hingga frekuensi pengutipan artikel dalam literatur akademis lain.

Untuk penggunaanya, pengguna cukup mengetikkan judul ataupun kata kunci pada kolom pencarian google scholar. Hasil yang muncul pada halaman pertama merupakan sumber paling relevan dengan judul/kata kunci yang dicari.

Garuda.ristekbrin.go.id

sumber referensi ilmiah

Portal Garuda merupakan sebuah gerbang pencarian, penelusuran, indeksasi, abstraksi, dan monitoring untuk meningkatkan standar kualitas publikasi ilmiah di Indonesia. Portal Garuda di Inisiasi oleh komunitas keilmuan Institute of Advanced Enginering and Science (IAES), khususnya IAES Indonesia Section.

Portal Garuda dirancang oleh The Indonesian Publication Index (IPI) pada tahun 2012. Saat ini di laman resmi garuda.ristekbrin.go.id terdapat lebih dari satu juta artikel yang dapat diakses secara gratis dan hampir sepuluh ribu jurnal yang terindeks oleh Garuda.

Untuk mencari sumber referensi ilmiah, pengunjung cukup membuka laman resmi Portal Garuda dan mengetikkan judul/keyword pada kolom pencarian.

Onesearch.id

sumber referensi ilmiah

Indonesia OneSearch (IOS) merupakan sebuah portal pencarian tunggal untuk menelusuri koleksi publik dari perpusatakaan, museum, dan arsip di seluruh Indonesia. IOS juga menyediakan akses ke sumber elektronik internasional yang di langgan oleh Perpusnas RI untuk semua anggota yang terdaftar.

Saat ini IOS sudah bermitra dengan hampir dua ribu institusi, dua ribu perpustakaan, dan hampir delapan ribu repositori, dimana terdapat berbagai sumber referensi ilmiah berupa buku, thesis, jurnal, peer review, document file yang dapat diakses secara bebas oleh pengunjung.

Untuk penggunanya, pengunjung cukup mencari kata kunci pencarian pada kolom pencarian yang tersedia.

E-sources.perpusnas.go.id

sumber referensi ilmiah

Situs sumber referensi ilmiah yang dapat dikunjungi secara gratis adalah situs Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Di dalam situs e-sources.perpusnas.go.id terdapat berbagai bahan perpustakaan digital online (e-source) seperti, jurnal, ebook, artikel, serta karya-karya referensi online lainnya.

Berbeda dengan beberapa situs sumber referensi ilmiah yang disebutkan sebelumnya, untuk dapat memanfaatkan fasilitas di e-sources.perpusnas.go.id, pengunjung terlebih dahulu harus menjadi anggota agar bisa mengakses e-source. Untuk menjadi anggota pengunjung dapat mendaftarkan diri secara online melalui keanggotaan.perpusnas.go.id. lebih lanjut silahkan kunjungi situs perpustakaan nasional.

Doaj.org

sumber referensi ilmiah

Directori of Open Access journals (DOAJ) merupakan situs yang didalamnya terdapat berbagai jurnal yang dapat diakses secara terbuka. DOAJ menyediakan link menuju jurnal-jurnal yang berkualitas baik nasional maupun internasional. Untuk mencari sumber referensi ilmiah di situs DOAJ, pengunjung cukup memasukkan nama jurnal, judul artikel , atau kata kunci yang ingin dicari, DOAJ akan menampilkan hasil pencarian yang paling mendekati dengan kata kunci yang dicari.

Itulah 5 situs sumber referensi ilmiah yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan menulis karya tulis ilmiah. Sebetulnya ada banyak situs yang menyediakan sumber referensi ilmiah. Beberapa jurnal sudah sudah banyak yang tersedia secara online, kamu hanya perlu menelusurinya lewat kolom pencarian google, ada banyak situs repositori dan situs jurnal yang tersedia versi daring yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber referensi ilmiah.

Jika artikel ini bermanfaat jangan ragu untuk share! Bagikan manfaatnya.

Terima kasih! Salam!

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.