3 Website Sumber Data Statistik untuk Data Penelitian

Photo by Carloz Muza on Unsplash
Photo by Carloz Muza on Unsplash

Pengertian Data Statistik

Data statistik secara sederhana dapat diartikan sebagai sekumpulan data baik berupa bilangan maupun non bilangan yang terususun dalam bentuk tabel atau grafik/diagram untuk menggambarkan atau menunjukkan suatu persoalan.

Sebagaimana yang diketahui, berdasarkan sifatnya data terbagi menjadi dua yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Data statistik lebih cenderung kepada data kuantitatif.

Penelitian yang baik adalah penelitian yang dilaksanakan dengan latar belakang masalah yang kuat. Untuk membangun latar belakang masalah yang kuat tersebut terkadang memerlukan data statistik yang mendukung penelitian. Latar belakang yang jelas didukung oleh data yang juga jelas.

Data statistik sering digunakan untuk mengungkapkan sebuah fakta persoalan secara gamblang di samping sebagai data pendukung untuk latar belakang masalah sebuah penelitian. Semakin kuat data yang digunakan, semakin kuat pula alasan diperlukannya penelitian. Maka dari itu, penting untuk memastikan kredibilitas sumber data statistik yang digunakan.

Pada artikel kali ini akan dirangkum beberapa website sumber data statistik nasional yang bisa digunakan untuk keperluan penelitian.

Website Sumber Data Statistik

1. bps.go.id

data statistik-bps
BPS

bps.go.id menjadi situs rujukan utama untuk memperoleh data statistik populer. Hal ini tidak aneh, sebab BPS memang lembaga yang diberi kewenangan resmi untuk menyediakan kebutuhan data, semisal sensus penduduk. Mengutip pada laman informasi umum bps.go.id, Badan Pusat Statistik (BPS) memiliki peran untuk menyediakan kebutuhan data bagi pemerintah dan masyarakat; membantu kegiatan statistik di kementerian, lembaga pemerintah atau institusi lainnya dalam membangun sistem penstatistikan nasional; mengembangkan serta mempromosikan standar teknik dan metodologi statistik; dan membangun kerjasama internasional untuk perkembangan statistik nasional.

Beberapa data yang tersedia pada laman https://bps.go.id/ diantaranya adalah data sosial dan kependudukan (gender, geografi, iklim, indeks pembangunan manusia, pendidikan, kesehatan, tenaga kerja, dsb), ekonomi dan perdagangan (ekspor-impor, energi, pariwisata, keuangan, transportasi, dsb), pertanian dan pertambangan (hortikultura, kehutanan, perikanan, pertambangan, tanaman pangan, perkebunan dan semacamnya).

Bagi para peneliti bidang ekonomi, sosial, dan humaniora data yang disediakan dalam https://bps.go.id/ dapat sangat membantu melengkapi data penelitian.

2. data.go.id

data statistik-data.go.id

data.go.id merupakan website sumber data resmi dari Satu Data Indonesia (SDI). Satu Data Indonesia ialah kebijakan tata kelola data pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan data berkualitas, mudah diakses dan dapat dibagipakaikan antar intansi pusat dan daerah. Melalui SDI, seluruh data pemerintah dan data instansi lain yang terkait dapat bermuara di Portal Satu Data Indonesia (data.go.id).

Website ini merupakan protal resmi data terbuka Indonesia yang dikelola Sekretariat Satu Data Indonesia tingkat Pusat, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BPS). Data statistik yang tersedia dalam website ini tergolong data publik yang dapat diakses secara terbuka.

Untuk penggunaanya, pengguna dapat langsung mengunjungi website, pada kolom instansi dapat dicari kebutuhan data pada instansi tertentu yang diperlukan. Atau pengunjung dapat langsung mengetik kata kunci pencarian untuk data yang dibutuhkan.

3. databoks.katadata.co.id

data statistik-databoks

Data statistik yang tersedia di databooks katadata ini lebih spesifik ke arah bisnis dan ekonomi. Mengutip dari laman databoks.katadata.co.id/about, “Databoks adalah portal data statistik ekonomi dan bisnis yang merupakan bagian dari Katadata, perusahaan riset dan media online (katadata.co.id) yang berdiri sejak 2012”.

Databoks didesain dengan tujuan memberi kemudahan bagi para pengusaha, pelaku bisnis, peneliti, pelajar, pemerintah dan media untuk mengelola data ekonomi dan bisnis secara cepat. Data yang tersedia di Databoks dikemas dalam bentuk grafik yang dapat digunakan untuk persentasi hingga pembuatan laporan.

Untuk mencari data yang dibutuhkan, pengguna cukup mengetikkan data yang ingin ditemukan di kolom pencarian. Grafik data statistik yang diperoleh selanjutnya dapat diunduh baik dalam format gambar (.png) maupun dokumen (.pdf).

Selain tiga website di atas, sebetulnya masih ada website lain yang dapat dijadikan sumber data statistik penelitian, beberapa di antaranya adalah situs data yang dikelola pemerintah daerah serta lembaga pemerintahan kementerian seperti https://data.jakarta.go.id/, http://data.bandung.go.id/, http://data.jatengprov.go.id/, https://satudata.kkp.go.id/, dan sejenisnya.

Itulah beberapa website yang bisa dimanfaatkan untuk mencari data statistik untuk kebutuhan penelitian kamu. Semoga artikel ini dapat membantu. Terus semangat untuk kamu yang sedang berjuang!