Ranah Research : Journal of multidicsiplinary research and development

Terbitkan hasil penelitian kamu bersama kami, jurnal ranah research sudah terindeks dan konsisten dalam mempublikasikan hasil penelitian mahasiswa, guru, serta dosen-dosen se Indonesia. Dengan sistem Fast Review, artikel yang kamu kirimkan akan segera diterbitkan. Tunggu apalagi Submit Sekarang !!!

Submit Sekarang

5 Judul Skripsi Pengembangan (Research and Development)

0

kali ini saya akan bagikan 5 Judul Skripsi Teknik lengkap dengan metode penelitiannya. Setelah beberapa lalu saya memposting artikel referensi 10+ judul skripsi sosial lengkap dengan metode penelitiannya.

5 Judul Skripsi Pengembangan Lengkap

1. Perancangan Aplikasi Kajian Islam Berbasis Android di Universitas Negeri Padang (Studi Kasus Lembaga Dakwah Kampus)

Metode yang digunakan :

Metode  yang  dilakukan  dalam  pembuatan  tugas  akhir  dengan  menggunakan  analisis sistem dan perancangan   sistem. 

Analisis sistem ialah tahapan   awal   dalam   proses pengembangan  sistem  yang  dilakukan  setelah  perencanaan  sistem,  proses  selanjutnya  yaitu dengan  perancangan  sistem  informasi  itu  sendiri. 

Tujuan  dari  analisis  sistem  adalah  untuk memperjelas langkah kerja dan konsep perancangan dengan unsur-unsur yang terlibat dalam sistem,  dimulai  dari  pengelolaan  sistem,  pengguna  sistem,  serta  perangkat-perangkat  yang dibutuhkan  dan  digunakan  dalam  proses  pembuatan  sistem.  Berikut  gambaran  analisis 

permasalahan dan solusi yang terlampir dalam tabel berikut :

Tabel Analisis Permasalahan dan Solusi

Setelah analisis sistem, tahapan berikutnya adalah perancangan sistem. Perancangan sistem adalah aktivitas atau kegiatan yang menggambarkan, merencanakan, membuat sketsa atau pengaturan secara rinci dari beberapa elemenyang terpisah menjadi suatu kesatuan yang utuh.

Context Diagram Aplikasi Kajian IslamGambar diatas menjelaskan tentang context diagram pada aplikasi kajian Islam.

Aplikasi ini memiliki tiga actor yaitu admin, user, dan mediator. Admin bisa mengatur waktu, input menu ibadah, input doa harian, data kajian, data tanya jawab, menghitung zakat, dan menerima database user ataupun mediator. User dimulai dengan registrasi dan login.

Lalu, user bisa diskusi tentang kajian dan mengoreksi bacaan. Selain itu, user bisa menghitung zakat. Antara user dan mediator hanya fungsional sajayang membedakan dimana mediator sebagai fasilitator dalam diskusi tanya jawab dan mengoreksi bacaan user.

Entity Relationship Diagram (ERD)
Entity Relationship Diagram (ERD)

gambar di atas menjelaskan bahwa masing-masing entitas memiliki atribut pendukung yang dibutuhkan dalam perancangan basisdata. Dan masing-masing entitas berelasi denganentitas yang lain dalam sistem.

2. Pengembangan Trainer Programmable Logic Controller (PLC) dan Elektropneumatik untuk Siswa SMK N 1 Bukittinggi

Metode yang digunakan:

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development R&D).

Subyek penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran trainer, dan responden penelitian adalah siswa kelas XII yang terdiri dari 30siswa dan Guru Mata Pelajaran jurusan TITL di SMKN 1 Bukittinggi pada tahun ajaran 2019/2020.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan 4-D (Trianto, 2010) yang mempunyai 4 tahapan yaitu tahap I define, tahap II design, tahap IIIdevelop, dan tahap IVdisseminate.Namun pada penelitian ini tahapan penelitian dibatasi hanya sampai pada tahap III developyaitu pengembangan produk trainertanpa dilanjutkan ke tahap penyebaran.

Instrument penilaian yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian yang berhubungan dengan validitas, praktikalitas, dan efektifitas media pembelejaran dalam hal ini yaitu trainer yang dikembangkan.

Instrument penelitian yang digunakan adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan angket efektvitas. Analisa validitas dan praktikalitas dilakukan setelah mendapatkan hasil dari angket validasi dan kepraktisan yang telah diisi oleh validator. Pemberian nilai validitas dan praktikalitas dengan cara:

rumus skor validator

selanjutnya nilai skor disesuaikan dengan tabel :

nilai skor validator

Uji coba efektifitas trainer PLC dan Elektropneumatik bertujuan untuk melihat tingat keefektifan traineryang dikembangkan yang dilakukan dengan cara melakukan uji coba pemakaian terhadap siswa kelas XII pada mata pelajaran PLCdan Pneumatik.

Efektifitas media diperoleh dengan menggunakan kriteria rubrikpenilaian pada proses praktikum PLC dan Pneumatik.Trainerdapat dikatakan efektif jika sebanyak ≥85% siswa memenuhi KKM. Untuk mengetahui presentase klasikal siswa dihitung dengan menggunakan rumus:

3. Pengembangan Trainer Programmable Logic Control (PLC) Berbasis Microcontroller untuk Siswa SMK N 1 Bukittinggi

Metode yang digunakan :

Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian dan pengembangan (Researc and Development).

Subyek dari penelitian ini adalah produkyang berupa Trainer PLC berbasis Microcontroller dan responden yaitu guru mata pelajaran PLC dan siswa jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Bukittinggi yang berjumlah 30 orang.

Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D (Trianto, 209). Penelitian model 4D memiliki empat tahapan yaitu tahapan pendefinisian (Define), tahap (Desain), tahapan pengembangan (Develop) dan tahapan penyebaran (Disserminate), namun pada penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap pengembangan (Develop).

Instrument yang digunakan pada penelitian ini berupa angket. Ada angket yang digunakan untuk mengukur kevalidan dari produk trainer yang dikembangkan dan ada angket yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepraktissan dari produk trainer yang dikembangkan, selain itu ada rubric penilaian untuk siswa yang praktikum menggunakan produk trainer yang digunakan untuk mengukur tingkat keefektifan produk trainer sebagai media dalam praktikum pada mata pelajaran PLC.

Validator dari trainer PLC berbasis Microcontroller terdiri dari satu orang ahli media pembelajaran dan dua orang ahli dalam mata pelajaran PLC. Sedangkan praktisi dari media trainer berbasis microcontroller ini adalah seorang guru mata pelajaran PLC dan 10 orang siswa darijurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Bukittinggi.

Uji efektivitas didapatkan dari penilaian kerja siswa pada saat praktikum menggunakan trainer PLC berbasis Microcntroller.

Uji efektivitas didapatakan dengan menerapkan media trainer PLC berbasis Microcontroller pada satu kali pertemuan dengan responden 30 orang siswa kelas XII jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Bukittinggi.

Teknik analisis yang digunakan adalah Teknik analisis deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan data hasil uji validasi, praktikalitas dan efektivitas dari penerapan trainer PLC berbasis Microcontroller pada saat praktikum mata pelajaran PLC.

Untuk menghitung validitas dan praktikalitas dapat menggunakan rumus:

rumus judul skripsi pengembangan

Nilai validasi dan praktikalitas dapat dikategorikan sesuai dengan tabel dibawah :

Produk trainer yang dikembangkan dikatakan efektif apabila siswa yang tuntas pada saat praktikum ≥ 85%. Untuk mengetahui persentase dari ketuntasan siswa dapat dihitung menggunakan rumus:

4. Audit Tata Kelola Informasi Digital Library Universitas Negeri Padang Menggunakan Framework COBIT5 Fokus Domain EDM (Evaluate, Direct and Monitor) Studi Kasus Perpustakaan Universitas Negeri Padang

Metode yang digunakannya adalah :

Jenis penelitian adalah penelitian kombinasi (mixed method). Penelitian dilakukan di Unit Kerja UPT Perpustakaan Universitas Negeri Padang.

Informan penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. peneliti memilih teknik Purposive Samplingyang mampu menetapkan kriteria-kriteria dan pertimbangan-pertimbangan tertentu, sehingga dalam penelitian ini yang diperoleh sesuai dengan penelitian yang dilakukan peneliti.

Informan dalam penelitian ini adalah kepala UPT Perpustakaan UNP Padang. Jenisdata terdiri dari data primer, yaitu data yang diperoleh langsung sebagai hasil observasi (pengamatan) dan interview (wawancara) yang dilakukan terhadap “Audit Tata Kelola Informasi Digital Library UniversitasNegeri Padang MenggunakanFramework Cobit5 Fokus Domain EDM (Evaluate,Direct,And Monitor)”.

Selanjutnya data sekunder, yaitu dokumentasi atau studi pustaka sebagai sumber penunjang yang mendorong penelitian ini. Sumber data yaitu pimpinan perpustakaan UNP Padang sebagai informan dan responden. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan angket.

Analisis data adalah analisis kualitatif, pengukuran TI COBIT 5 dan pengukuran resiko TI.

5. Rancang Bangun Penggerak Otomatis Panel Surya Menggunakan Sensor LDR Berbasis Arduino Uno

Metode yang digunakan adalah :

A. Perancangan Alat

Pada sistem ini, mikrokontroller Arduino Uno yang menjadi pusat kerja alat otomatis, panel surya sebagai penerima cahaya dan sensor LDR sebagai pendeteksi cahaya, motor Servo sebagai alat pengerak arah panel surya, LCD sebagai alat tampilan outputnya data.

Alat ini memiliki keterkaitan satu sama lain, sehingga dapat menghasilkan suatu sistem kerja otomatisasi yang benar.

Diagram Blok RangkaianDalam perancangan dan pembuatan alat dibutuhkan suatu diagram blok yang berfungsi untuk bisa menerangkan sistem secara keseluruhan dan masing-masing blok mempunyai fungsi tertentu , berikut blok diagram berserta alur kerjanya untuk sistem keamanan pintu ruangan :

Diagram Blok Rangkaian

Berdasarkan diagram blok gambar 1dapat kita ketahui terdapat beberapa blok yang fungsi masing-masingnya yaitu :

  1. Mikrokontroler Arduino UNOMikrokontroler Arduino UNO pada alat ini berfungsi sebagai pusat pengendali yang akan mengontrol keseluruhan sistem pada alat Tracking Solar Cellini agar saling keterkaitan satu dengan yang lainnya.
  2. Sensor LDRSensor arus pada alat ini akan membaca besaran arus pada output panel surya dan akan ditampilkan pada LCD.
  3. Sensor ArusSensor arus pada alat ini akan membaca besaran arus pada output panel surya dan akan ditampilkan pada LCD.
  4. Sensor Tegangan Sensor tegangan pada alat ini berfungsi untuk membaca besar tegangan yang diterima dari panel surya dan akan ditampilkan pada LCD.
  5. Motor ServoMotor Servo pada alat ini berfungsi sebagai pengarah panel surya yang akan dideteksi oleh sensor LDR. Motor Servo ini akan mengarahkan panel surya ketika cahaya matahari sudah dideteksi oleh sensor LDR.
  6. LCD, LCD 4 X 20 pada alat ini berfungsi sebagai alat menampilkan output data dari keseluruhan sensor yang dipasang. Dari LCD ini kita akan mengetahui sudut pergerakan panel surya, dan mengetahui jumlah arus masuk dari panel surya.
  7. Kebutuhan SoftwareSoftwareyang digunakan dalam Tracking Solar Cellberdasarkan pancahayaan dan berat ini adalah arduino IDE dan bahasa pemograman C++.

B. Flowchart

flowchart

C. Prinsip Kerja Alat

Panel surya yang dihubungkan oleh beberapa sensor yang akan mendeteksi sudut intensitas cahaya maksimal. Dalam alat ini digunakan motor servo sebagai penggerak.

Pergerakan motor secara horizontal yaitu dari timur menuju barat sesuai dengan arahpergerakan matahari serta gerakan memutar. Arduino uno akan mengatur pergerakan motor sesuai dengan besaran masukan dari beberapa sensor LDR yang terpasang.

Sensor yang digunakan berjumlah 4 (empat) sensor yang dipasang pada 4 sudut sisi panel surya.

Pengujian akan dilakukan dalam dua tahap sebagai perbandingan data yaitu pengujian panel surya yang diposisikan satu arah (statis) dan pengujian panel surya dengan pergerakan (dinamis) berdasarkan pergerakan matahari.

D. Rancangan Fisik Alat

Rancangan fisik alat bertujuan agar memudahkan dalam memberikan gambaran bentuk sistem yang akan dirancang. Rancangan fisik alat dapat dilihat pada gambar dibawah

Rancang alat penggerak otomatis panel surya
Gambar Rancangan Alat

Sekian kumpulan judul skripsi pengembangan yang dapat dibagikan pada post ini, silahkan share kepada teman-teman mahasiswa lainnya sebagai referensi

Terima Kasih, Salam Ilmiah !!

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.